Tradisi Pedang Pora



Apa sih upacara pedang pora itu?
Dulu saya pernah punya cita-cita nanti kalau menikah ingin ada upacara pedang pora. Awalnya saya pikir upacara pedang pora itu bisa dilakukan oleh siapapun tanpa harus menikah dengan angkatan/militer, ternyata eh ternyata pedang pora itu hanya dilakukan untuk kalangan militer, selain itu pedang pora juga memiliki makna di setiap gerakannya,jadi ga bisa asal-asalan..hehehe.


Lebih jelasnya Upacara Pedang Pora adalah sebuah tradisi Upacara Ke Militeran biasanya dilakukan terhadap perwira muda di lingkungan TNI dan kepolisian ketika ada salah satu anggota mereka melangsungkan pernikahan atau dilakukan untuk penyambutan pejabat baru dan merupakan sebuah tradisi wajib yang telah turun-menurun. Pedang pora sendiri adalah jajaran pedang kehormatan berbentuk gapura yang di lewati ke dua mempelai, menggambarkan saat di masukinya pintu gerbang kehidupan rumah tangga yang baru.
Ada banyak simbol dalam ritual itu, diantaranya melambangkan persaudaraan, solidaritas, permohonan perlindungan pada Tuhan,dan lain sebagainya.
Bagaimana sih proses upacara itu berlangsung?
Upacara Pedang Pora berlangsung dengan menggunakan satu regu pasukan Pedang Pora yang berdiri berjajar berhadapan dengan mengunakan pakaian PDU dan membawa Pedang Pora.
Kemudian pasangan mempelai atau pejabat melewati lorong barisan pasukan yang merentangkan Pedang Pora menuju pelaminan.

Gerakan-gerakan pada saat upacara pedang pora juga memiliki makna sendiri.
Makna "SILANG PEDANG"
pedang terhunus ke bawah dan ke atas, berbentuk silang, melambangkan bahwa,tuhan YME, akan selalu melindungi dalam berbagai perjalanan/langkah menuju keberhasilan/masa depan sedangkan,


Makna "PAYUNG PORA"
pedang terhunus ke atas berbentuk payung,melambangkan bahwa tuhan YME,akan selalu melindunginya dalam mendaki berbagai rintangan kehidupan.



Adapun maksud Upacara Pedang Pora adalah untuk memantapkan arti kehidupan berumah tangga bagi kedua mempelai,menjalin hubungan rasa persatuan dan kesatuan antara anggota militer.
Wuiess…keren yah ternyata ga cuma sekedar mengangkat pedang tapi ternyata ada maknanya juga lho.. :), walaupun terlihat simple tapi tamu-tamu yang hadir pasti tak akan mau melewatkan prosesi pedang pora ini dan tak lupa mengabadikannya sebagai kenang-kenangan.. cheers..:)

Gambar: google images

1 komentar:

  1. pedang pora adalah upacara pernikahan secara militer dilingkungan TNI AL DAN ANGKATAN LAUT DI DUNIA.JADI BUKAN SEMUA MILITER DAN POLISI BISA MELAKUKANNYA

    BalasHapus

 

Tentang Kami

Undangan Pro adalah jasa pelayanan dalam pembuatan undangan, dengan desain yang ekslusif namun harga terjangkau. Kami hadir ditengah-tengah anda untuk memberikan pelayanan khusus dalam masalah undangan untuk perayaan atau acara-acara spesial dalam hidup anda. Pelayanan khusus kami meliputi jasa desain dan cetak undangan untuk Pernikahan, Khitanan, Seminar, Ulang Tahun, Ulang Tahun Perkawinan dll, yang dikemas dalam paket-paket, untuk memenuhi kebutuhan anda. Lihat desain undangan kami di www.undanganpro.com
Diberdayakan oleh Blogger.

Hubungi Kami

Phone/WA/SMS : +62 81317170109
Pin BB : 7EA04B3E

Arsip Blog