Beraneka ragam warisan kebudayaan


Negeri kita tercinta ini memiliki tagline yang selalu digenggam erat oleh maskot negara kita burung garuda, tagline tersebut adalah BHINEKA TUNGGAL IKA, untuk info saja arti dari tagline tersebut adalah BERBEDA BEDA TETAPI TETAP SATU JUA. yup keren ya taglinenya, salut untuk yg nemuin. mungkin dia cikal bakal dari copy writer2 keren yg ada sekarang ini….
Dalam tagline itu pula kita, negara kepulauan terbesar di dunia ini terikat dalam satu kebangsaan walaupun dalam kenyataannya negara kita ini diberi anugerah dengan melimpahnya warisan budaya yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. dan jika dilihat dari jumlah provinsi maka negeri ini di beri anugrah dengan jumlah 33 provinsi. jumlah yang teramat sangat banyak untuk warisan budaya yang ada.
Setelah warisan yang melimpah ini ada maka apa yang dapat kita lakukan??. sebagai generasi ke sekian dari pewaris negeri ini, maka banyak yg dapat kita lakukan untuk itu…… tidak dengan cara menjual monumen dan patung kakek si pahlawan besar itu juga sih.
Tetapi hanya melestarikan dalam bentuk undangan adalah salah satu hal kecil yang bisa kami lakukan untuk tidak hanya melestarikan tetapi juga mempelajari dan mempromosikan atau setidaknya sekedar sharing apa yang sudah kami pelajari dalam bentuk info dibalik pembuatan undangan2 yang kami buat.
Menyenangkan ternyata untuk menggali sebagian kecil dari warisan budaya negara kita yang kaya ini. biasanya hanya diambil dari struktur atau ornamen2 ukiran yang terdapat dalam bangunan atau pakaian adat, atau menggunakan bentuk dan warna yang ada dalam lingkungan adat budaya budaya yang ada.
Menyenangkan untuk eksplorasi bentuk, warna, bahan, sampai teknik cetak dalam proses pembuatan undangan etnik ini.
Menyenangkan untuk mempelajari ini kembali, setelah sekian lama ikut arus reformasi bebas tanpa batas dan tanpa akhir ini, yang membawa kami jauuuuuuh sekali meninggalkan budaya negara sendiri, untuk contoh saja terakhir SD saya belajar pakaian adat, apalagi bahasanya, apalagi seni bangunannya ya? dan sekarang saya mencarinya di google. dan Alhamdulillah untung masih ada.
Upaya kami ini bukan untuk protes ke negara tetanga yang suka "mencuri" warisan negara kita tercinta ini. upaya kami juga bukan bentuk "ngambek" kpd pemerintah yang sangat cuek tp berubah galak jika warisannya dicuri, tp kl blm dicuri dicuekin sebenernya. upaya kami ini hanya untuk meneruskan ide ide liar para pembuat warisan, hanya saja beda media dan hasil akhir. :)
Tolong sempurnakan usaha kecil dan sederhana kami dengan mengirimkan info atau apapun untuk membuat kami lebih layak untuk menjalani proses pelestarian ini kawan2, mohon dukungan kalian dengan info atau kritik sekalipun yang bersifat membangun untuk sekedar mengingatkan kami bahwa negara ini memang benar benar benar benar besar sekali……
Thx,
Wassalamu'alaikum
B2L

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tentang Kami

Undangan Pro adalah jasa pelayanan dalam pembuatan undangan, dengan desain yang ekslusif namun harga terjangkau. Kami hadir ditengah-tengah anda untuk memberikan pelayanan khusus dalam masalah undangan untuk perayaan atau acara-acara spesial dalam hidup anda. Pelayanan khusus kami meliputi jasa desain dan cetak undangan untuk Pernikahan, Khitanan, Seminar, Ulang Tahun, Ulang Tahun Perkawinan dll, yang dikemas dalam paket-paket, untuk memenuhi kebutuhan anda. Lihat desain undangan kami di www.undanganpro.com
Diberdayakan oleh Blogger.

Hubungi Kami

Phone/WA/SMS : +62 81317170109
Pin BB : 7EA04B3E

Arsip Blog